Seminar dari Waroeng Karya

Hai! Kembali lagi di Juragan part 3! Jurnal Kegiatan Suvarnadvipa!

Pada hari Senin, tanggal 21 Agustus 2017, kami dari tim Suvarnadvipa Corp. mengikuti seminar akrilik yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 71 Jakarta yang berkolaborasi dengan Waroeng Karya. Audience dari seminar ini adalah seluruh kelompok aspek kerajinan dari kelas MIPA. Materi yang disampaikan kali ini adalah "Bahan Akrilik dan Cara Membuatnya"

Pada seminar kali ini, terbagi menjadi 3 sesi. Pertama, yaitu tentang penyampaian bahan-bahan akrilik dan contohnya. Kedua, adalah sesi tanya jawab antara audience dengan pembawa acara. Terakhir, adalah sesi praktek membuat gantungan kunci dari resin cair.

Pada sesi pertama, materi utama yang disampaikan adalah yang pasti tentang akrilik dan resin. Kita dapat membeli resin di toko kimia industri seharga Rp50.000/kg (eceran) dan berwarna. Jika kita ingin menggunakan yang bening, kita harus mepersiapkan uang lebih karena, yang bening lebih mahal. Resin memiliki pasangan, yaitu katalis. Katalis menentukan cepat lama mengeringnya resin tersebut. Semakin sedikit katalis yang digunakan, maka semakin bagus pula hasilnya. Ciri unik resin yang tim Suvarnadvipa Corp. baru ketahui adalah, jika resin cair dituang ke benda datar, maka resin tidak akan luber/jatuh, namun resin tersebut akan menggembung.



Bentuk resin adalah sesuai dengan bentuk cetakan yang dipakai. Jika cetakan kita berbentuk apel, maka hasilnya akan sama, yaitu apel. Jika cetakan kita berbentuk bintang, maka hasilnya juga akan menjadi bintang. Jadi, kita bisa berkreasi sesuai dengan keinginan kita. Jika kita ingin memakai cetakan, pakailah cetakan yang terbuat dari silikon, gypsum, gelas aqua, bahkan cetakan es batu pun bisa. Opsi lain? tentu ada, yaitu cetakan yang terbuat dari sintetis dan janganlah terbuat dari besi.

Pada sesi kedua, telah dilaksanakannya sesi tanya jawab antara audience dan pembawa acara. Sesi ini berlangsung dengan baik. Salah satu pertanyaan yang disampaikan adalah "Jika kita memberikan hiasan mute-mute ke dalam resin cair yang akan dibentuk, apakah mute-mute itu akan meleleh?". Jawaban dari pembawa acara adalah "Tidak, mute-mute tidak akan meleleh, walaupun resin tersebut panas". Pertanyaan lain yaitu "Berapa lama waktu resin untuk mengering", lalu pembawa acara menjawab " ± 5 s.d. 10 menit".

Pada sesi terakhir, tim Suvarnadvipa Corp. dan tim lainnya diberi kesempatan khusus untuk membuat gantungan kunci dari resin cair! Ini merupakan kegiatan yang sangat seru dan berharga dalam seminar ini. Berikut adalah cara pembuatannya.

1. Siapkan semua alat-alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan.
2. Teteskan ± 10 tetes katalis, ke botol kecil resin cair.
3. Aduk resin cair yang sudah ditetesi oleh katalis tadi.
4. Tuangkan campuran tersebut ke dalam cetakan yang sudah di sediakan secara bertahap.

5. Masukkan hiasan yang diinginkan sesuai selera. Bisa mute-mute, foto, kertas dll.
6. Tuangkan kembali campuran tersebut hingga full di cetakan.
7. Beri gantungan kunci.
8. Tunggu ± 5-10 menit.

9. Lepaskan dari cetakan. Gantungan siap digunakan.



Demikian review seminar dari Waroeng Karya, kami mengucapkan terima kasih atas segala ilmu-ilmu baru yang kami dapatkan dalam seminar tersebut dan sukses selalu Waroeng Karya!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Design Thinking dan Lean Canvas

Selamat Datang!

Seminar Kewirausahaan